08 Agustus 2009

Oh....Tepo....Tepo....

Tepo………………… kata orang Ngawi, makanan khas lontong tahu dengan citarasa yang laen daripada yang laen. Lontong tahu bisa sama tapi bumbu dan rasa tepo….. membuatnya beda.
Saat itu tahun 1970-1985 banyak di kota Ngawi yang jualan tepo, ada Tepo sarus (di lor pasar), Tepo Raden Patah (di pojokan dengan sultan Agung), ada Tepo Sultan Agung (pojokan segaran), ada Tepo Warung Sore (di bawah Bank Desa Ketanggi) dan masih banyak yang jualan tepo berceceran di Kota Ngawi.
Tepo merupakan kombinasi lontong, tahu goreing, kubis, seledri, capar (toge), Telur dadar (yang special), daun bawang, kacang tanah goring dan plus krupuk remek dengan bumbu-bumbu kecap, bawang putih, cabe rawit, di uleg sama kacang goreng sikit.
Kalo orang Ngawi pulang kampung (yang biasa merantau) belum makan tepo, rasanya ndak lengkap pulangnya
Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi mestinya lebih memperhatikan dan mengembangkan makanan-makanan khas kota Ngawi (yang tidak dimiliki daerah laen) sebagai daya tarik tersendiri yang saat ini mulai dilupakan. Padahal Bupati nya udah orang Ngawi Asli, tapi Ngawinya kok tidak ketok. Jangan bosan-bosannya mempromosikan makanan khas Ngawi atau setiap rumah makan wajib menyediakan makanan khas Ngawi (cemoe, tepo, sate ayam ngawi, geti, ledre Ngawi)

Tidak ada komentar: