25 Juli 2009

Sekilas benteng pendem


Benteng pendhem adalah tempat bermainku waktu kecil, setiap sore aku bermain disana, waktu itu masih dienggoni oleh ARMED 12 Para dadi tidak sembarang orang bisa masuk. Tempat tinggalku dekat dengan keberadaan benteng Pendhem, sehingga tidak kesulitan aku keluyuran kelokasi benteng. Disana waktu itu masih ada bekas-bekas kolam renang peninggalan Belanda.
Benteng Pendhem yang juga disebut Benteng Van den Bosch (wong londo) dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda atau VOC (enek tandanya) terletak pas dipojokan pertemuan Bengawan Solo dan Bengawan Mediun (dijenengkan kali tempuk), terletak di Desa Pelem, Kecamatan Ngawi. Mudah dijangkau dengan kendaraan dan berada di tengah Kota Ngawi, kalo kesana bisa numpak becak, dokar, angkot lan mlaku ya ndak dilarang.
jan-jana kalao benteng pendhem dirawat bisa lebih bagus dan dapat untuk wisata sejarah, lokasi strategis dan bisa dikembangkan untuk taman hiburan (rekreasi). namun sampai sekarang ndak diapak-apakno potensi daerah yang begitu beharga, sayang....sayang...... mbok maju to kota Ngawi.

Tidak ada komentar: